Asam urat, dari obat hingga pantangannya!

Asam urat, dari obat hingga pantangannya!

Asam urat atau yang dikenal dengan gout merupakan suatu kondisi yang terkait dengan radang sendi dan umumnya menyerang ibu jari kaki, namun tidak menutup kemungkinan juga terjadi di bagian lain. Asam urat sendiri merupakan penyakit arthritis atau radang sendi di mana terjadi pembentukan kristal sodium urate di dalam dan sekitar persendian. Walaupun asam urat bisa menyerang siapa saja, namun para prialah yang paling sering mengalami asam urat.

Beberapa gejala akibat asam urat sering kali muncul pada penderita, salah satunya adalah rasa sakit pada persendian yang disertai dengan pembengkakan dan warna kemerahan. Nah, jika Anda sudah terkena asam urat biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan diet serta pantangan pada beberapa makanan yang justru dapat memicu terjadinya penyakit ini lagi.

Selain nyeri sendi yang dirasakan, umumnya gejala asam urat akan berkembang dengan cepat dan pada titik terburuk bisa terjadi hanya dalam waktu 6 hingga 24 jam saja. Akan tetapi, asam urat umumnya akan bertahan selama 3 hingga 10 hari, hal ini dikenal sebagai serangan asam urat akut. Nah, setelah 3 hingga 10 hari maka persendian akan terasa dan terlihat normal kembali.
 
Obat Asam Urat

Jika Anda mendatangi dokter dengan keluhan asam urat, biasanya tim medis akan melakukan beberapa pemeriksaan dan tes untuk menentukan apakah hal tersebut asam urat atau bukan. Jika memang hasil tes mengatakan Anda terkena asam urat, dokter akan memberikan obat penahan rasa sakit golongan NSAIDs seperti naproxen, diclofenac, dan etoricoxib.

Akan tetapi, jika Anda telah diberi resep NSAIDs untuk penyakit asam urat maka sebaiknya Anda membawa terus obat itu supaya bisa dipakai saat gejala awal serangan asam urat. Teruskan pengobatan sampai 48 jam setelah serangan asam urat hilang.

Obat alternatif jika Anda tidak cocok dengan NSAIDs adalah colchicine dan juga tablet kortikosteroid. Tapi ingatlah bahwa semua obat-obatan asam urat ini mempunyai efek samping jadi bertanyalah informasi yang jelas pada dokter yang memberikan resep salah satu obat-obatan tersebut.
 
Pantangan Asam Urat

Nah, pantangan asam urat yang terpenting adalah menghindari makanan yang mengandung banyak kandungan purin. Namun pantangan asam urat ini sangat sulit dilakukan karena purin terdapat di dalam sebagian besar makanan yang sehat. Bahkan saat Anda melakukan pantangan asam urat tersebut tetap saja kandungan asam urat di dalam darah hanya akan berkurang sedikit.

Berikut beberapa pantangan asam urat yang harus Anda lakukan antara lain:
  • Mengurangi konsumsi produk-produk dari susu
  • Menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh
  • Mengurangi atau menjauhi minum-minuman yang menggunakan pemanis buatan atau sirup jagung
  • Kurangi mengonsumsi buah ceri segar, asparagus, kembang kol, kacang hijau, jamur, dan bayam
Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan
 Sumber :
Bagikan :
1 Comments
Fb Comments
Comments :

1 Komentar untuk "Asam urat, dari obat hingga pantangannya!"

Jagalah Kesehatan anda!

Silahkan cuap cuap ... No Moderasi

 
Back To Top
notifikasi
close